RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang/
sekolah : SD
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : IV/ II
Waktu : 4 x 35 menit
Standar Kompetensi :
Listening
5. Memahami Instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks kelas.
Kompetensi Dasar
5.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara
berterima dalam
konteks kelas.
Indikator
1. Melafalkan dengan menirukan kata-kata yang
diucapkan guru.
2. Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi guru.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran siswa
dapat :
1.
Melafalkan
kosa kata baru setelah diberi contoh dengan benar dan percaya diri
2.
Melakukan
tindakan sesuai instruksi dengan benar dan percaya diri
Materi Pembelajaran :
Tema : Animal
Vocabulary :
|
1. Horse
2. Rabbit
3. Cow
4. Hen
|
5. Giraffe
6. Frog
7. Elephant
8. Lion
9. Goat
|
Language expression :
1.
Can
it jump?
2.
Does
it have 4 legs?
3.
Is it
black?
4.
Is it
pet?
Model Pembelajaran
a.
Teacher
Directed
a.
Introducing new vocabularies and new expressions
b.
Guided Instruction
1.
Work
in individually to:
a.
Listen
and repeat new vocabularies and expressions
b.
Practice
the instruction
2.
Work
in pair/ group to:
a.
Demonstrate
to give question
3.
Model
a.
Picture
and picture
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Pendidikan
karakter
|
Alokasi
waktu
|
|
Kegiatan awal
1. Guru mengucapkan salam dan siswa merespon
2. Guru mengecek kebersihan kelas dan kerapian
tempat duduk siswa
3. Guru mengajak siswa berdoa yang dipimpin oleh
ketua kelas
4. Guru mengecek presensi siswa dan siswa
merespon
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
siswa memperhatikan
6. Guru memberikan leading question.
|
1.
Santun
2.
Kebersihan
lingkungan
3.
Religius
4.
Disiplin
dan tanggung jawab
5.
Rasa
ingin tahu
|
10’
|
|
Kegiatan
inti
1. Guru memberi contoh cara melafalkan kosa kata
baru dan siswa menirukan (TP 1)
2. Guru menunjukkan gambar dan siswa menyebutkan
nama gambar dalam bahasa Inggris (TP 2)
3. Guru memberi contoh melafalkan ungkapan “I’m a horse”dan siswa menirukan
4. Guru meminta salah satu siswa untuk Listening
dan memperagakan perintah sebagai contoh.
|
1. Mandiri
2. Percaya diri
3. Rasa ingin tahu
4. Kerja sama
5. Tanggung jawab
|
120’
|
|
Kegiatan akhir
1. Guru menanyakan kesulitan yang di dapati siswa
selama proses KBM
2. Guru menyimpulkan pelajaran dan siswa merespon
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
berikutnya dan siswa memperhatikan
4. Guru mengucap salam dan menutup pelajaran
|
1. Komunikatif
2. Komunikatif
3. Rasa ingin tahu
|
10’
|
Sumber belajar :
1. Buku Acuan:
a.
SI
dan SKL
b.
Growth
with English Book
Penilaian
1.
Instrumen
a. Proses (terlampir dalam student worksheet)
II.
Rubrik Penilain
|
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1
|
Pronounciation
|
-
Lancar
-
Cukup lancar
-
Kurang lancar
|
3
2
1
|
|
2
|
Performance
|
-
Sangat percaya diri
-
Cukup percaya diri
-
Kurang percaya diri
|
3
2
1
|
Skor maksimal : 6
6
LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
|
Pronounciation
|
Performance
|
|
|
||
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kediri, 9 Juni 2013
Kepala SDN 2 Sukorame Guru Bahasa Inggris
(..........................................) (.........................................)
Look at the way my colleague Wesley Virgin's report begins with this SHOCKING and controversial VIDEO.
BalasHapusWesley was in the army-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" secrets that the government and others used to obtain whatever they want.
As it turns out, these are the EXACT same SECRETS lots of famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and top business people used to become wealthy and successful.
You've heard that you use less than 10% of your brain.
That's mostly because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.
Perhaps that conversation has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around seven years back, while driving an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car with a suspended driver's license and $3 on his banking card.
"I'm very fed up with living paycheck to paycheck! When will I get my big break?"
You took part in those thoughts, am I right?
Your own success story is waiting to be written. You need to start believing in YOURSELF.
WATCH WESLEY SPEAK NOW