RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Standar Kompetensi :
Speaking
6. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
Kompetensi Dasar
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta atau memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta kejelasan.
Indikator
1. Melafalkan dengan menirukan kata-kata yang
diucapkan guru.
2. Merespon dengan verbal sesuai dengan instruksi
guru.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran siswa
dapat :
1.
Melafalkan
kosa kata baru setelah diberi contoh dengan benar dan percaya diri
2.
Merespon
dengan verbal sesuai dengan instruksi guru.
Materi Pembelajaran :
Tema : Animal
Vocabulary :
|
1. Horse
2. Rabbit
3. Cow
4. Hen
|
5. Giraffe
6. Frog
7. Elephant
8. Lion
9. Goat
|
Language expression :
1.
Can
it jump?
2.
Does
it have 4 legs?
3.
Is it
black?
4.
Is it
pet?
Model Pembelajaran
a.
Teacher
Directed
a.
Introducing new vocabularies and new expressions
b.
Guided Instruction
1.
Work
in individually to:
a.
Listen
and repeat new vocabularies and expressions
b.
Practice
the instruction
2.
Work
in pair/ group to:
a.
Demonstrate
to give question
3.
Model
a.
Talking
stik
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Pendidikan
karakter
|
Alokasi
waktu
|
|
Kegiatan awal
1. Guru mengucapkan salam dan siswa merespon
2. Guru mengecek kebersihan kelas dan kerapian
tempat duduk siswa
3. Guru mengajak siswa berdoa yang dipimpin oleh
ketua kelas
4. Guru mengecek presensi siswa dan siswa
merespon
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan siswa
memperhatikan
6. Guru memberikan leading question.
|
1.
Santun
2.
Kebersihan
lingkungan
3.
Religius
4.
Disiplin
dan tanggung jawab
5.
Rasa
ingin tahu
|
10’
|
|
Kegiatan
inti
1. Guru memberi contoh cara melafalkan kosa kata
baru dan siswa menirukan (TP 1).
2. Guru menunjukkan gambar dan siswa menyebutkan
nama gambar dalam bahasa Inggris (TP 2).
3.
Siswa
berlatih mengungkapkan kalimat sederhana “can
it jump?”.
4. Guru meminta salah satu siswa untuk Listening
dan memperagakan perintah sebagai contoh.
|
1. Mandiri
2. Percaya diri
3. Rasa ingin tahu
4. Kerja sama
5. Tanggung jawab
|
120’
|
|
Kegiatan akhir
1. Guru menanyakan kesulitan yang di dapati siswa
selama proses KBM
2. Guru menyimpulkan pelajaran dan siswa merespon
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
berikutnya dan siswa memperhatikan
4. Guru mengucap salam dan menutup pelajaran
|
1. Komunikatif
2. Komunikatif
3. Rasa ingin tahu
|
10’
|
Sumber belajar :
1. Buku Acuan:
a.
SI
dan SKL
b.
Growth
with English Book
Penilaian
1.
Instrumen
a. Proses (terlampir dalam student worksheet)
II.
Rubrik Penilain
|
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1
|
Pronounciation
|
-
Lancar
-
Cukup lancar
-
Kurang lancar
|
3
2
1
|
|
2
|
Performance
|
-
Sangat percaya diri
-
Cukup percaya diri
-
Kurang percaya diri
|
3
2
1
|
Skor maksimal : 6
6
LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
|
Pronounciation
|
Performance
|
|
|
||
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kediri, 9 Juni 2013
Kepala SDN 2 Sukorame Guru Bahasa Inggris
(..........................................) (.........................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar