RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Standar
Kompetensi
Reading
7. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima
yang melibatkan: kata, frasa,
dan
kalimat sangat sederhana
Indikator
1.
Membaca nyaring kalimat yang
diberikan guru
2.
Membaca nyaring teks yang
diberikan guru
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran siswa
dapat :
1.
Membaca nyaring kalimat sederhana
yang diberikan guru dengan lafal yang tepat secara mandiri
2.
Membaca nyaring teks sederhana
yang diberikan guru dengan lafal yang tepat secara mandiri
Materi Pembelajaran :
Tema : Animal
Vocabulary :
|
1. Horse
2. Rabbit
3. Cow
4. Hen
|
5. Giraffe
6. Frog
7. Elephant
8. Lion
9. Goat
|
Language
expression :
1.
Can
it jump?
2.
Does
it have 4 legs?
3.
Is it
black?
4.
Is it
pet?
Text:
Model Pembelajaran
a. Teacher Directed
1.
Drilling
new vocabularies and expressions
2.
Giving
examples how to read the text aloud.
b. Guided Instruction
1.
Work
in individually to:
a.
Identify
the pictures
b.
Read
aloud the text
2.
Work
in pair/ group to:
a.
Guess
the name of animal based on the clue.
3.
Model
a.
Tebak
kata
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Pendidikan
karakter
|
Alokasi
waktu
|
|
Kegiatan
awal
1. Guru mengucapkan salam dan siswa merespon
2. Guru mengecek kebersihan kelas dan kerapian
tempat duduk siswa
3. Guru mengajak siswa berdoa yang dipimpin oleh
ketua kelas
4. Guru mengecek presensi siswa dan siswa
merespon
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
siswa memperhatikan
6. Guru memberikan leading question.
|
1. Santun
2. Kebersihan lingkungan
3. Religius
4. Disiplin dan tanggung jawab
5. Rasa ingin tahu
|
10’
|
|
Kegiatan
inti
READING
1. Memperhatikan contoh dari guru dan menirukan
ucapanya
2. Menyebutkan nama hewan sesuai gambar
3. Menyimak perintah dan melakukan tindakan
|
1.
Mandiri
2.
Tanggung jawab
3.
Bekerja keras
4.
Kerja sama
|
120’
|
|
Kegiatan
akhir
1. Guru menanyakan kesulitan yang di dapati siswa
selama proses KBM
2. Guru menyimpulkan pelajaran dan siswa merespon
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
berikutnya dan siswa memperhatikan
4. Guru mengucap salam dan menutup pelajaran
|
1. Komunikatif
2. Komunikatif
3. Rasa ingin tahu
|
10’
|
Sumber belajar :
1. Buku Acuan:
a.
SI
dan SKL
b.
Growth
with English Book
Penilaian
1.
Instrumen
a. Proses (terlampir dalam student worksheet)
II. Rubrik
Penilaian
|
Aspek
|
Uraian
|
Skor
|
|
Pelafalan.
|
Sebagian besar ucapan benar.
Sebagian
kecil ucapan benar.
Hampir
semua ucapan tidak benar.
|
3
2
1
|
|
Intonasi.
|
Tekanan/irama sebagian besar benar.
Tekanan/irama
sebagian kecil benar.
Tekanan/irama
semua kata salah.
|
3
2
1
|
Skor
maksimal : 12
12
LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama Siswa
|
Performance
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
|
Pelafalan
|
Intonasi
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kediri,15 Juli 2012
Kepala
SDN 2 Sukorame Guru
Bahasa Inggris
(..........................................)
(.........................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar